Buku Teks
Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan
Buku ini memuat masalah-masalah kemanusian dan pemanusiaan. Ketika berbicara mengenai fenomena kemanusiaan dan pemanusiaan, pada intinya kita berdiskusi tentang pendidikan, pelatihan, atau pertumbuhan diri secara individual. Juga, bagaimana kita mampu mentransformasikan proses pendidikan dan pembelajaran secara bermutu. Pendidikan yang dimaksudkan di sini tidak hanya sekedar pendidikan formal atau pendidikan persekolahan, melainkan juga pendidikan seperti apa yang disebut oleh Ivan I11ich (1972) sebagai jaringan-jaringan kemasyarakatan. Pada jagat praksis pendidikan sebagai proses kemanusiaan dan pemanusiaan ini, banyak ranah yang seharusnya bisa dipacu lebih cepat, ternyata bergerak amat lambat. Di sinilah esensi pendidikan sebagai proses kemanusiaan dan pemanusiaanurgen diangkat sebagai teema dasar buku ini.
Tidak tersedia versi lain